Penyakit Stroke Penyebab Kematian Tertinggi


Penyakit Stroke adalah suatu kondisi di mana terjadi pembekuan darah; atau pecah pembuluh darah arteri atau urat darah ke daerah otak. Kurangnya oksigen dan glukosa (gula) yang mengalir ke otak menyebabkan kematian sel-sel otak dan kerusakan otak, sering mengakibatkan adanya penurunan kemampuan berbicara, bergerak, dan mengingat.

Penyakit stroke menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Di Indonesia, dari sekitar 1000 penduduk, 8 orang diantaranya terkena stroke. Sementara itu 1 dari 7 orang yang meninggal dunia disebabkan oleh stroke. 

Menurut peneliti dari Universitas Washington, Amerika Serikat, Christopher JL Murray, dalam dua dekade terakhir beban akibat kematian atau kecacatan stroke naik 76 persen. 

"Kondisi Indonesia termasuk tidak biasa jika dibandingkan dengan 15 negara lain yang diteliti. Ini menunjukkan Indonesia pada transisi menuju negara maju dengan pendapatan perkapita lebih tinggi," katanya di Jakarta, Selasa (30/4/13) seperti dikutip Kompas.

Ia menambahkan, tingginya faktor risiko penyakit stroke antara lain disebabkan karena tingginya jumlah penderita hipertensi di Indonesia. Kondisi tersebut dipicu oleh konsumsi garam, tembakau, dan rendahnya konsumsi buah dan sayur.  

Pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab lain. Konsumsi buah dan sayur kurang dari 50 gram perhari.

Peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan, dr.Soewarta Kosen, MPH, mengatakan, pola penyakit di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera, didominasi penyakit tidak menular seperti stroke dan hipertensi. Sementara di Indonesia Timur polanya mirip dengan negara miskin, yakni penyakit menular seperti tuberkulosis.

"Kondisi ini membuat kita menanggung kerugian besar karena penyakit stroke makin banyak diderita orang berusia produktif," katanya.

Penyebab Stroke
Tekanan darah tinggi, merokok, timbunan lemak, pola makan (diet) yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, tingginya tingkat kolesterol jahat, diabetes, minum terlalu banyak alkohol, stres dan depresi, serta gangguan jantung menyumbang 90 persen penyebab stroke.

Demikian hasil penelitian yang paling komprehensif terkait penyebab stroke yang dilakukan oleh tim di McMaster University di Ontario, Canada.

Faktor dengan link terkuat yakni tekanan darah tinggi. Hipertensi diperkirakan meningkatkan resiko terkena stroke hingga dua kali lipat. Sekitar 150.000 orang di Inggris setiap tahun menderita stroke. Penyakit ini juga masih menjadi penyebab utama kecacatan di negara itu.

Studi yang dipublikasikan di The Lancet dan dikemukakan pada Kongres Kardiologi Dunia di Bejing itu, meneliti 3.000 orang yang mengalami stroke dan 3.000 orang yang tidak menderita stroke. Para responden kemudian ditanyai tentang gaya hidup mereka, termasuk olahraga yang mereka lakukan dan pola makan mereka.

Temuan menunjukkan bahwa perokok dua kali lipat risiko terkena stroke, pola makan yang buruk meningkatkan risiko sebesar 35 persen, sementara minuman keras meningkatkan risiko hingga setengahnya, stres sebesar 30 persen, dan depresi sebesar 35 persen.

"Temuan kami menunjukkan bahwa sepuluh faktor resiko sederhana yang berhubungan dengan 90% penyebab stroke berkenaan dengan resiko iskemik dan perdarahan intraserebral," kata Martin O'Donnell, penulis utama penelitian seperti dikutip dari Suaramerdeka. Ia menambahkan  gaya hidup aktif mampu mengurangi resiko terkena stroke sekitar 30 persen.

Mencegah Stroke
Sebenarnya stroke bisa dicegah, antara lain dengan lebih banyak mengasup sayuran untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Fiber & Herb dari Herbalife adalah makanan yang mengandung serat alami dalam bentuk tablet.

Kebanyakan stroke disebabkan penebalan dinding dalam pembuluh arteri akibat menumpuknya kolesterol yang mengandung lemak (plak). Plak mempersempit aliran darah sehingga alirah darah menjadi berkurang. Cell u Loss dari Herbalife membantu membakar lemak dan mengurangi kadar kolesterol sehingga memperlancar aliran darah dan mengurangi resiko stroke.

Dalam studi terbaru terungkap kaitan kuat antara konsumsi serat dengan penyakit kardiovaskular yang meliputi penyakit jantung koroner dan stroke.

Victoria Burley yang melakukan penelitian ini menyebutkan riset yang dilakukannya bersifat jangka panjang. Ia mengumpulkan 8 penelitian yang dilakukan sejak tahun 1990 dan melibatkan 500.000 partisipan. Mereka diwawancara tentang konsumsi serat dan diikuti rekam kesehatannya selama 8-19 tahun.

Para peneliti menemukan risiko stroke bisa berkurang sampai 7 persen untuk setiap 7 gram penambahan serat yang dikonsumsi setiap hari. Dengan kata lain mereka yang paling rajin mengonsumsi serat risikonya paling rendah terkena stroke.

Tambahan 7 gram penambahan serat bisa berasal dari dua potong roti gandum utuh, sayuran atau buah-buahan.

Bahan pangan tinggi serat kebanyakan rendah kalori sehingga juga membantu menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu makanan yang berserat tinggi memiliki banyak vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk polifenol dan flavonoid yang akan membuat pembuluh darah lebih elastis.

Nutrisi Herbalife untuk penderita Stroke
Untuk penderita stroke sangat disarankan untuk mengkonsumsi nutrisi herbalife berikut ini :
  • Cell-U-Loss : membersihkan pembuluh darah dari lemak sehingga penyumbatan berkurang
  • Herbalifeline : merupakan lemak baik, yang akan mengangkut lemak jahat dari pembuluh darah
  • Formula 1 - Nutritional Shake Mix : untuk meregenerasi sel-sel yang mati supaya aktif kembali
  • Nutrition Activator : mempercepat penyerapan shake dan multivitamin
  • Formula 2 - Multivitamin Complex : mempercepat regenerasi sel
Hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang program diet menurunkan berat badan, Melancarkan aliran darah untuk mencegah Penyakit Stroke.


Disclaimer :
  • Hasil produk adalah berbeda-beda/bervari untuk masing-masing individu / pribadi, Walaupun Produk yang dikonsumsi Sama.
  • Produk Herbalife tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa Penyakit dan / atau untuk mengobati penyakit Tertentu
  • Pendapatan Distributor Tidak berlaku secara umum. Pendapatan Setiap Distributor Berbeda2

 

Diet Menurunkan Berat Badan Cepat, Aman, Sehat Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha